Buku Tamu

Kirimkan kritik dan saran untuk blog ini, silahkan kirim email ke kesini : sultankelantan@ymail.com ShoutMix chat widget

Jumat, 20 November 2009

Malaysia Pemasok Narkoba No 1 ke Indonesia

Jakarta - Malaysia menduduki peringkat pertama negara asal penyelundupan narkotika ke Indonesia. Hal ini berdasarkan volume kasus yang berhasil diamankan oleh Kantor Penindakan dan Penyidikan, Bea dan Cukai.

"Untuk itu kami selalu mewaspadai penerbangan asal negara ini (Malaysia)," kata Direktur Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Thomas Sugijata di Jakarta, Selasa (17/11).

Menurut Thomas, dari 74 kasus penyelundupan selama 2009, sebanyak 25 kasus berasal dari pelabuhan laut Malaysia. "Malaysia adalah yang tertinggi dibanding negara lain pemasok narkoba di Indonesia," imbuhnya.

Selain Malaysia, lanjutnya, sejumlah negara pemasok lainnya dari kawasan Timur Tengah juga diketahui memasok narkoba ke Indonesia. Di antaranya, seperti Qatar dan sekitarnya.

Jalur penyelundupan barang haram ini paling umum melalui jalur laut atau kapal ferry. Namun demikian bandara juga menjadi tempat yang paling sering dituju.