Buku Tamu

Kirimkan kritik dan saran untuk blog ini, silahkan kirim email ke kesini : sultankelantan@ymail.com ShoutMix chat widget

Sabtu, 17 Oktober 2009

Slank Tunjukkan Protes Lewat Lagu

Slank membuat lagu sindiran untuk Malaysia.

VIVAnews - Banyak cara menunjukkan protes. Lewat lagu, Slank menunjukkan sikap kalau mereka tidak senang budaya bangsanya diklaim Malaysia.

Lagu 'Rasa Sayange' pernah membuka konflik antara Indonesia dengan Malaysia. Lagu yang sejatinya berasal dari Maluku itu digunakan oleh Departemen Pariwisata Malaysia untuk mempromosikan pariwisata Malaysia.

Setelah berulangkali Malaysia tak kapok mengklaim budaya tanah air. Slank tidak tinggal diam. Band
yang bermarkas di Geng Potlot itu memparodikan lagu 'Rasa Sayange', yang liriknya menyentil Negeri Jiran itu. Dengan bangga, Kaka CS menyanyikan lagu tersebut.

"Rasa sayange, rasa sayang, sayange, hei lihat dari jauh, rasa sayang-sayange. Budaya kita diambil orang. Cuman satu yang bikin senang, Noordin M. Top dibawa pulang."

Belajar dari kisruh pengklaiman Reog Ponorogo, Bimbim mengatakan, bangsa Indonesia tidak perlu menunggu budayanya di klaim negara lain. "Daripada nanti Slank diklaim punya Malaysia,"ujar Bimbim terkekeh.

Yang terpenting adalah dukungan dari pemerintah. Bimbim mencontohkan nasib para pemain gamelan di daerah. "Karena ngga ada yang nyewa, mereka akhirnya menjual Gamelan buat diganti dengan organ tunggal," cerita Bimbim yang melihat sendiri kenyataan tersebut.